Thursday, August 2, 2012

Masjid Termegah dan Terindah Di Dunia

Masjid merupakan tempat ibadah umat Muslim. Dari berbagai bangunan masjid di Dunia ini terdapat bebrapa masjid yang memiliki keindahan dan kemegahan dalam arsitekturnya, berikut beberapa bangunan masjid termegah dan terindah diseluruh dunia.




1. Masjid Al-Haram :
Masjid Al-Haram (Mekkah Saudi Arabia) diseputar kabah, masjid ini dianggap sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Saat ini struktur bangunan masjid mencakup 400,800 m2 termasuk luar dan dalam ruangan dan dapat menampung 4juta orang selama periode Ibadah Haji.
2. Masjid Al-Nabawi :
Masjid Al-Nabawi Madinah Saudi Arabia adalah masjid kedua tersuci setelah masjid Al-Haram di Mekkah , Salah satu fitri terpenting dimasjid ini adalah tengah masjid yang disebut grindong atau kubah nabi dimana terdapat makam nabi Muhammad berada, Awalnya masjid ini merupakan rumah dari Nabi Muhammad SAW, Nabi menetap disana setelah Hijrah ke Madinah. Lalu Nabi membangun masjid dipekarangan, bangunan asli dari masjid sebenarnya merpakan bangunan terbuka dahulu masjid ini juga digunakan sebagai pusat masyarakat , pengadilan dan pusat agama salain tempat untuk balajar Al-quran.
3. Masjid Faisal Islamabad :
Masjid Faisal Islamabad Pakistan Pada tahun 1986 sampe tahun 1993 merupakan masjid terbesar di Islamabad di Asia Selatan dan Dunia namun kini masjid yang terletak di Pakistan ini menjadi masjid terbesar keempat di Dunia setelah kemegahannya dikalahkan ukurannya dikalahkan oleh masjid Hasan dikabalangka maroko dan Al-haram dan masjid Al-nabawi di Madinah. Didisain oleh arsitektur dari turki masjid ini menjadi masjid nasional dipakistan
4. Masjid Sultan Mosole :
Masjid Sultan Mosole Singapura merupakan masjid pertama yang dibangun di singapura hingga kini masjid ini masih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan asing bagi yang berkunjung di negara berkepala singa ini, struktur masjid ini dibangun pada tahun 1826 oleh masyrakat Jawa yang banyak berdagang di Singapura bersama masyarakat Arab dan Bugis sebelum kedatangan saudagar Tionghoa, bangunan masjid ini merupakan tempat tinggal awal beberapa masyarakat Indonesia. Pada tahun 1960 dilakukan perbaikan untuk ruang utama dan penambahan lampiran pada tahun 1993. Masjid sultan ditetapkan sebagai monumen Nasional pada 14 Maret 1975.
5. Masjid Zahir Mosque :
Masjid Zahir menempati tempat sekitar 124.412 kaki persegi (11,558.3 ​​m2). Pusat lapangannya (Hall Doa) mengukur 62 x 62 kaki persegi (5,8 m2) dan dikelilingi oleh beranda 8 kaki (2,4 m) lebar dengan 4 area mezzanine. Setiap daerah mezzanine adalah beratap dengan kubah. Kubah utama terletak di bagian utara-timur bangunan masjid. Ini adalah salah satu masjid termegah dan tertua di Malaysia. Negara Quran kompetisi membaca diadakan setiap tahun dalam lokasi masjid. Masjid ini telah terpilih sebagai 10 masjid besar yang paling indah di dunia
6. Masjid Raya Baiturrahman :
Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh. Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, masjid ini dibakar, kemudian pada tahun 1875 Belanda membangun kembali sebuah masjid sebagai penggantinya. Mesjid ini berkubah tunggal dan dapat diselesaikan pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959-1968). Masjid ini merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut
7. Masjid Omar Ali saifuddin :

Masjid ini dinamai berdasarkan Omar Ali Saifuddien III, Sultan Brunei ke-28. Masjid yang mendominasi pemandangan kota Bandar Seri Begawan ini melambangkan kemegahan dan kejayaan Islam yang menjadi agama mayoritas dan agama resmi Brunei Darussalam. Bangunan ini rampung pada tahun 1958 dan merupakan contoh Arsitektur Islam modern.
Demikian Masjid Termegah dan Terindah Didunia yang dapat saya shere buat kalain semua semoga bermanfaat.
Partisipasinya Gann !!!:

Related Post



0 comments:

Post a Comment

BIASAKAN MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN SOPAN