Sunday, November 24, 2013

Tips Terhindar Dari Pencopet

http://infotonothemycry.blogspot.com/2013/11/tips-terhindar-dari-pencopet.html

Kejahatan pencopetan, atau yang dikenal dalam istilah hukum sebagai kejahatan pencurian, kerap terjadi dibanyak tempat. Siapa saja bisa menjadi korban kejahatan ini. Terkadang, kerugian yang diderita korban nilainya lebih berharga dibandingkan dengan uang. Seperti surat-surat atau kartu identitas. Kerugian seperti ini, yang menimbulkan kekesalan korban terhadap pelaku kejahatan, karena dapat menambah penyelesaian urusan korban berikutnya.  
Bagaimana Cara terhindar dari pencopet..?
Berikut Tips terhindar dari pencopet


1. Tampil sederhana.

Biasanya pelaku jambret atau pencopet mengincar korban yang berpenampilan glamour atau nyentrik. sebisa mungkin gunakan pakaian yang sederhana bila mengunjungi tempat-tempat umum yang ramai. jangan gunakan high heels 10 cm karena nyentrik tapi juga tentu akan sulit digunakan. 

2. Miliki peta kota atau kawasan di mana terminal itu berada.

Bila Anda kurang mengetahui POI" yang akan dituju, alangkah baiknya anda membawa peta yang bersi informasi lengkap dan mendetail, karena tentu akan sangat membantu.


3. Jika tak tahu tujuan, bertanyalah kepada petugas resmi seperti polisi atau petugas Dinas Perhubungan. 

Tak salah juga jika anda bertanya pada penjaga warung makan atau kios.
Usahakan jangan bertanya kepada orang" pinggir jalan yang kurang meyakinkan karena bukannya anda dikasih petunjuk, jangan-jangan anda malah dikasih info sesat yang akhir"nya hanya merugikan anda sendiri.


4. Jika kalian masih melanjutkan perjalanan ke kota lain dengan bus, belilah tiket pada loket penjualan tiket bus resmi.

Hindari tawaran-tawaran tiket gelap atau lebih akrab dengan sebutan calo-calo yang berkeliaran. apabila tiket bus resmi habis, kalau bisa jangan diusahakan mencari pada tanggal yang sama, belilah pada tanggal yang tersedia.


5. Saat naik bus malam, biasakan berangkat dari terminal resmi bus tersebut. Jika terpaksa naik di terminal umum, datanglah lebih awal.

Ini bertujuan untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin terjadi bila kita terburu-buru, entah salah bus ataupun hal-hal lain yang lainnya.


6. Bus yang kosong atau sesak sama bahayanya, dua kondisi itu ideal bagi pencopet. Mereka biasa bergerombol, tiga sampai lima orang.

Hindari bus yang kosong/sesak, bus yang kosong tentu sangat memudahkan aksi sang eksekutor. Kebanyakan orang justru tidak berani menolong apabila anda terkena aksi tsb, dan juga hindari yang terlalu sesak karena kita tidak akan merasakan bila ada sesuatu karena tertutup oleh hiruk pikuknya penumpang.


7. Waspada saat naik atau turun dari bus yang sesak.

Anda harus waspada jika naik/turun di bus yang sesak, karena ini merupakan titik rawan, dan penjambret bisa saja dengan mudah membawa lari barang-barang anda.

8. Agar terhindar dari pembiusan, jangan menerima minuman atau makanan yang ditawarkan orang yang baru anda kenal di kawasan terminal.

Nah ini yang agak penting, jangan pernah sekali-sekali anda menerima makanan/minuman dari orang yang ga dikenal, mungkin dari luar niatnya baik, tapi dalemnya ampun-ampunan deh bila anda menerima dan memakan/meminumnya, bisa-bisa pas anda bangun dari bius, cuman tersisa baju yang nempel di badan doang.


9. Dompet sebaiknya jangan ditaruh di saku. Simpan uang secukupnya saja di saku baju depan.

Buat anda yang suka naro dompet nih, jangan taro di saku belakang diusahakan, karena lebih mudah menjadi objek pencopet/penjambretan, kalau bisa sih taro di saku celana samping saja. 

10. Jangan mengejar sendirian pelaku penjambretan, usahakan bawa aparat/keamanan.

Jangan ngejar sendiri pelaku penjambretan, usahakan bawa aparat/keamanan untuk ikut mengejar. karena apabila kita mengejar sendiri, bisa-bisa kita malah terbawa ke lingkungan komplotan penjambret yang mungkin dapat berakibat lebih fatal.

11. Jangan pernah mau diajak pergi kemanapun oleh orang yang tak dikenal.

Jangan pernah mau diajak kemanapun oleh orang yang tak dikenal di tempat yang juga tak dikenal. Karena begitu masuk ke dalam trap si penjahat, just let it flow


Demikian Tips Terhindar dari pencopet
Semoga Bermanfaat.


Leave a Reply :

Related Post



0 comments:

Post a Comment

BIASAKAN MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN SOPAN