Sunday, July 1, 2012

7 Kawah Tebesar Di Dunia

7 Kawah Terbesar Di Dunia
Dalam susunan tata surya Bumi memang tidak berdiri sendiri masih banyak planet dan benda angkasa yang  lainnya yang beraktifitas setiap waktu dan tidak mungkin saling bertabrakanpun terjadi diantaranya meteor-meteor yang menabrak permukaan  bumi yang meningggalkan kawah-kawah terbesar  yang menurut pantauan stelet ada 120 kawah. Dan kini saya membahas 7 kawah terbesar di dunia.
Ok gak nunggu lama Ini dia 7 kawah terbesar di Dunia. 

1. Clear Water dan Manicouagan (Canada:
2 danau kawah yg berbentuk lingkaran terbentuk karena adanya astroid yang menghantam bumi sekitar 210juta tahun yang lalu. Kawah terbesar adalah kawah Clear water bagian barat dengan 32 klometer dan kawah terbesar kedua yaitu kawah bagian timur Clear Water dengan 22 Kilometer. Seiring berjalannya waktu pada 78juta tahun kemudian astroid sebesar 5 klimoter juga menghantam bumi sehingga terbentuk lubang raksasa selebar 100 klimiter bersama puing-puing kuno dan lubang ini dinamakan Manicouagan.
2. kawah auronga impact crater (Afrika):
Kawah ini terbentuk sekitar 200-300juta tahun yang lalu ketika sebuah meteor sebesar 1,6km menghantam kulit bumi. Tabrakan seperti ini terjadi 1 kali setiap jutaan tahun. Kawah Auronga terbentang sebesar 17km. Dan ditemani oleh 2 lingkaran yang mencakupannya 36 km. Itu terungkap oleh pesawat aleksirsi setelah pengambilan poto sekitar kawasan kawah jika asumsi dan hipotesis pada bagian gelap pada sudut kanan atas adalah kemungkinan tabrakan kawah kedua maka auronga merupakan tabrakan meteor yang berantah.
3. Kawah Glosses Bluff (Australia):
Sekitar 142juta tahun yang lalu sebuah komet atau asteroid yang berdameter 22km menghantam kulit bumi dengan kecepatan 40km/detik. Komet tersebut melepaskan energi yang begitu dasyat yang sama dengan ledakan 22megaton tianti inilah mengapa sebabnya Glosses Bluff menjadi salah satu tabrakan yang signifikan di Bumi. Dimensinya juga mencengangkan karena diameter 22km dengan kedalam hingga 200 Meter.
4. Kawah Chicxulub (Meksiko):
Adalah sebuah kawah yang terkubur disemanjang meksiko dekat dengan sebuah daerah yang bernama Chicxulub yang berarti ekor setan dalam bahsa maya, Kawah tebrakan kuno in berdiameter 170km. Tabrakan terjadi sekitar 65juta tahun yang lalu ketika komet atau asteroid yang berukuran seperti 100 keraton menghantam bumi dan mengakibatkan Megasunami , GempaBumi, Gunung meletus, tanggapan oang-orang hal itu yang membuat Dinasaurus menjadi punah sebab terjadi badai api yang mnyelimuti bumi yang menyebabkan penyebaran efek rumah kaca yang meluas akhirnya menyebabkan perubahan iklim bumi.
5. Kawah Kara-Kul (Tajikistan):
Kawah ini berada pada ketinggian 390 meter diatas permukaan laut kawah kara-kul ini merupakan sebuah danau yang dengan lebar 25 km dengan perbatasan Cina. Kara-kul tercipta karena hantaman meteor sekitar 5juta tahun yang lalu dan temukan baru-baru ini melalui studi gambar dari luar angkasa.
6. Kawah bosumtwi (Ghana):
Sekitar 1,3 juta tahun juga terbentuk kawah terbesar lainnya yaitu bosumtwi di Ghana, kawah yang terbentuk karena hantaman meteor menhantam bumi tersebut membuat lubang terbuka ditanah sebesar 10,5 km. Kawah raksasa tersebut terletak sekitar 30km sebelah tenggara kumasi Ghana yang kini menjadi danau Bosumtwi satu-satunya danau di alam ghana. Danau tersebut dikelilingi oleh hutan hujan yang lebat. Orang Ashanti yang merupakan suku asli setempat memberlakukan danau itu sebagai tempat keramat mereka beranggapan bahwa danau tersebut tempat bertemunya arwah dengan Dewa Twi, Dewa yang dipercaya sebagai Tuhan oleh suku Ashanti.
7.Kawah Barringer, Arizona (Amerika Serikat):
Sekitar 49ribu tahun yang lalu sebuah nikel aeren meteroid 52,72 meter berat sekitar 300ribu ton dengan kecapatan 40.000 mil/jam menghantam bumi alhasil bumi membentuk sebuah lubang raksasa yang membentang sebesar 1,2km dan dengan kedalaman 175meter.

Related Post



0 comments:

Post a Comment

BIASAKAN MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN SOPAN