Tuesday, December 3, 2013

Syarat Pembuatan Pupuk Campur

Pupuk Campur adalah suatu pupuk majemuk ataupun pupuk lengkap yang dibuat diluar pabrik. Selama pembuatan pupuk campur ini harus diperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan pupuk campur, sebab ada kalanya pupuk tertentu tidak dapat dicampur dengan pupuk lain.
Syarat pembuatan pupuk campur adalah sebagai berikut :

1. Pupuk tunggul yang mengandung NH4+ misalnya ZA, amunium klorida, amunium karbonat, dan amunium nitrat maupun pupuk majemuk yang berasal dari garam-garam ini, pupuk kandang dan pupuk guano tidak boleh dicampur dengan pupupk yang mengandung Ca bebas, tepung thomas karena akan menyebabkan NH3 menguap.

2. Pupuk tunggal yang mengandung Ca bebas tidak boleh dicampur dengan  pupuk yang mengandung asam phospat (P2O5) yang larut dalam air, misalnya Es, superphospat  sebab akan mengurangi kelarutan serta daya guna asam phospatnya.

3. Pupuk yang mengandung Ca bebas tidak boleh dicampur dengan pupupk-pupuk yang mengandung asam phosfat lainnya misalnya tepung thomas, tepung tulang, fasfat alam, fosfat Cirebon, Agrophos, maka khasiatnya akan merosot  karena asam-asam di tanah yang seharunya melarutkan fosfat-fosfat sebagian akan membetuk garam dengan Ca, akibatnya akan mengurangi kelarutan fosfat-fosfat tersebut.

4. Garam-garam K hanya boleh dicampur dengan macam-macam pupupk buatan lain dengan tepung thomas sesaat sebelum disebar karena campuran itu kering setelah beberapa hari menjadi keras atau menggumpal lebih-lebih bila kelengasan tinggi.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply :

Related Post



0 comments:

Post a Comment

BIASAKAN MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN SOPAN