Wednesday, November 13, 2013

Format Proposal Kegiatan Baik dan Benar

Format Proposal kegiatan tersebut harus mancakup beberapa hal, yaitu Pendahuluan, Perumusan Masalah, Penetapan program, Perumusan tujuan, penentuan kelompok sasaran, identifikasi sumber dan tenaga pelaksana, strategi dan jadwal kegiatan serta monitoring evaluasi.
Berikut Format proposal kegiatan baik dan benar.
Secara lebih rinci akan diuraikan sebagai berikut:

1. Pendahuluan, berisi tentang:
a. Latar belakang masalah, uraian tentang:

  • Potensi desa atau wilayah dan masyarakatnya yang akan dibuat program pengembangan masyarakat.
  • Alasan-alasan penting dan menariknya masalah di desa wilayah tersebut.
  • Kesenjangan antara harapan dengan kenyataan yang ada di desa atau wilayah tersebut.
Data atau fenomena tersebut disusun dengan menggunakan metode deduktif atau induktif (dari umum ke khusus atau dari khusus ke umum). Selanjutnya setelah menampilkan fenomene tersebut calon peneliti mengungkapkan masalah atau kesenjangan yang ada, dengan cara membandingkan antara harapan dan kenyataan. Hasil perbandingan tersebut menunjukkan adanya kesenjangan yang harus dicari jalan pemecahannya. Salah satu pemecahannya adalah perlunya program dilakukan untuk menjawab masalah tersebut. Identifikasi masalah, uraian tentang berbagai masalah yang ditemukan yang relevan. Masalah yang diurakan dipilah menjadi masalah yang lebih kecil, dan yang paling penting untuk dibuat program pemecahannya.

2. Perumusan Masalah
Merupakn pernyataan yang akan dicari jawabannya melalui program-program. Masalah dirumuskan secara spesifik, tidak boleh terlalu luas, terlalu banyak. Perumusan masalah dinyatakan dengan kalimat tanya. Masalah yang teridentifikasi dan dibuat urutan priorotas masalah. Masalah yang dirumuskan sebaiknya lebih dari 3 masalah.

3. Penetapan Program
Setelah maslah dapat diidentifikasi dan disepakati sebagai perioritas yang perlu segera ditangani, maka dirumuskan program penanganan masalah tersebut. Dari beberapa masalah yang akan dibuat program ditetapkanlah 1 program saja.

4. Perumusan tujuan
Tujuan dibuatnya program harus jelas dan spesifik, terutama manfaat dan keberlanjutan program tersebut.

5. Penentuan Kelompok sasaran
Sebutkan siapa saja kelompok sasaran program tersebut, dapat petani ternak, kelompok tani, wanita tani, pemeuda tani atau seluruh anggota masyarakat.

6. Identifikasi Sumber dan tenaga pelaksana
Identifikasi sumber dan tenaga pelaksana berdasarkan data yang ada segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menunjang program kegiatan termasuk didalamnya adalah sarana, sumber dana, dan sumber daya manusia.

7. Strategi dan Jadwal kegiatan
Tentukan strategi yang akan digunakan dalam program tersebut sesuaikan strategi dengan kondisi masyarakat sasaran dan sesuaikan jadwal program dengan kegiatan yang sudah ada dalam masyarakat.

8. Monitoring dan Evaluasi
Buatlah jadwal untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara bersama dengan melibatkan semuapelkau program tersebut agar dapat dilaksanakan dengan lancar dan pastisipasi penuh dari masyarakat.

Demikian Format Proposal Kegiatan Baik dan dan Benar
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply :

Related Post



0 comments:

Post a Comment

BIASAKAN MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN SOPAN