Tuesday, June 12, 2012

Sejarah Awal Motogp

Motogp kata-kata itu sudah tidak asing ditelinga kita sekarang ini, karena motogp merupakan olahraga yang banyak digemari oleh dunia. Meski olahraga ini tergolong ekstrim tetapi tidak menyurutkan warga peri bumi untuk mengikuti olahraga ini atau juga menggemari olahraga ini. Meski banyak yang kenal apa itu Motogp, tapi taukah anda dengan sejarah awal motogp, untuk memberi anda sedikit pengetahuan atau wawasan tentang sejarah awal motogp disini Saya akan memberikan informasi tentang sejarah motogp.  Lomba adu kecepatan motor ini mempunyai sejarah awalnya pada tahun 1900, ini termasuk sudah lama. Dalam pengembangan awal motogp ini mempunyai kendala dikarenakan terbentur dengan terjadinya perang dunia dua. Setelah perang usai baru kejuaraan balap motor hidup kembali, pelan tapi pasti kompetisi sudah mulai merambah ke tingkat internasional. Kejuaraan Motogp akhirnya diadakan secara resmi pada tahun 1949, dibagi 4 kelas yaitu kelas utama 500cc, 350cc, 250cc dan 125cc.
Dan pada tahun 1949 telah diselenggarakannya sebuah even kejuaraan dunia balap motor oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang lebih dikenal,  FIM telah  menyelenggarakan beberapa balap motor di tiap-tiap kelas motor, berdasarkan kapasitas mesin motor, kelas sidecars "motor bersespan". Kelas-kelas pada saat itu iyalah 50cc, 125cc, 250cc, 350cc dan 500cc untuk single seater, dan 350cc serta 500cc untuk motor sidecars. seiring tahun berjalan memasuki tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an, motor bermesin 4 tak mendominasi seluruh kelas. Pada akhir 1960-an, motor bermesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas kecil dan terus mulai menjelajahi kelas kelas yang lainnya dan di tahun 1970-an motor bermesin 2 tak benar-benar menyingkirkan mesin-mesin 4 tak yang ada ditahun itu. Selama 7 tahun motor yang bermesin 2 tak masih terus menguasai motogp. Pada tahun 1979, Honda berusaha mengembalikan mesin 4 tak di kelas puncak dengan menurunkan motor NR500 namun proyek ini gagal pada percobaan sampai tahun 1983. Honda bahkan meraih kemenangan dengan motor 500cc 2 tak miliknya pada tahun itu.
Untuk menyesuaikan dengan motor yang diciptakan maka banyak kelas-kelas motogp yang dihapuskan. Pada tahun 1983, kelas 350cc dihapuskan. Kelas 50cc kemudian digantikan oleh kelas 80cc di tahun 1984, tetapi kelas yang sering didominasi oleh pembalap dari Spanyol dan Italia ini akhirnya ditiadakan pada tahun 1990. Kelas sidecars juga ditiadakan dari kejuaraan dunia di tahun 1990-an, menyisakan kelas 125cc, 250cc, dan kelas 500cc sampai saat ini.

Related Post



1 comment:

BIASAKAN MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN SOPAN